Pengenalan JAVASCRIPT Dan Penulisan Code Gampang dipahami ~ PENCARI DOLLAR

Pengenalan JAVA SCRIPT & Penulisan Code Gampang dipahami

 JAVA SCRIPT adalah bahasa pemprograman yang mudah di pahami dan digunakan untuk membuat intraksi dan menambah fitur dinamis ke dalam halaman web. Untuk membuat website, begitu memang tidak harus menggunakan JAVA SCRIPT. Namun saat ini penggunaan Javascript hampir selalu ada di setiap web moderen. Bagi programer web, Javascript adalah bahasa pemprograman yang wajib di hafal dan di pahami.

JavaScript Pencari Dollar
JavaScript


Pada awal pembuatannya Javascrept ditunjukkan untuk membuat interaksi antara user dengan website menjadi lebih cepat dan tanpa menunggu pemrosesan dari server. Misalnya sebuah form yang terdapat di website dengan JavaScript kita dapat langsung mevalidasi dan mengetahui setiap liputan masih kosong atau sudah di isi dengan benar atau belum secara cepat. 

Untuk saat ini JavaScript tidak terbatas dengan penggunaan form saja, yaitu untuk membuat website lebih interaktif dengan adanya animasi-animasi tetentu sehingga website terlihat lebih moderen, fitur chetting, game, dan lain sebagainya. Untuk itu selain belajar HTML & CSS belajar JavaScript itu menjadi sangat penting apabila kamu ingin menjadi web depeloper, terutama pada bagian form and depeloper. Banyak sekarang yang mahir dalam menjalankan JavaScript dan membuat APK game dan lain sebagainya dan laku di masyarakat. Pengenalan nya yang melalui APStore dan PlayStore.

Baca Juga :


Mengetahui Cara Penulisan Kode JavaScript
Di dalam HTML kode JavaScript di tulis dalam tag Scrept, tag scrept di awali dengan <script> dan memiliki tag penutup </script>. Di dalam tag itulah kode JavaScript ditulis. Apabila kamu menulis kode di luar tag script maka kode JavaScript tidak berfungsi. Untuk lebih jelasnya silahkan tulis Contoh kode dibawah ini :

<html>
<head>
<script>
alert("Belajar JavaScript");
</script>
</head>
<body>
<p>Menulis Kode JavaScript</p>
</body>
</html>

Penempatan JavaScript Dalam HTML

1. Penulisan secara internal
untuk menulis JavaScript internal kamu cukup menggunakan tag HTML, kemudian dalam tag Scrept tersebut langsung ditulis code-code JavaScript. Untuk penulisan tag scrept dapat ditulis dalam tag head, namun juga dapat ditulis di dalam tag body (sebelum berakhirnya tag body ya). Tujuan penulisan sebelum beraghirnya tag body agar semua tag HTML didalam tag body telah selesai di muat oleh browser, kemudian baru kode JavaScrept dijalankan. Cara ini bertujuan agar jika ada kode JavaScript yang memilih elemen HTML yang ada didalam body dapat ditemukan oleh JavaScript.

Contoh :

<html>
<head>
<script>
alert("Belajar JavaScript1");
</script>
</head>
<body>
<p>Menulis kode JavaScript Secara Internal</p>
<script>
alert("Belajar JavaScript2");
</script>
</body>
</html>

2. Penulisan Secara Exsternal 
Untuk menulis JavaScript secara Exsternal kamu juga menggunakan tag scrept, namun pada tag pembuka scrept memiliki sebuah atribut scr. Dimana atribut scr tersebut memiliki value link dari file kode JavaScript disimpan sebagai format js, contohnya script.js. Jadi apabila kamu menyimpan file JavaScript dengan nama scrept.js yang masih satu folder dengan file HTML yang membuat file JavaScript tersebut maka atribut scr menjadi scr="script.js".

Contohnya :

<head>
<script>
<script scr="script.js"></script>
<script scr="js/script.js"></script>
<script
scr="https://www.tuyul-onlain.com/js/script.js">
</script>
</head>
<body>
<p>Menulis kode JavaScript Secara Exsternal</p>
</body>
</html>

Cukup Sekian pembahasan mengenai pengenalan javascript dan cara penulisan kode nya. Lanjut next artikel akan ada code-code lain mengenai javascript dan sebagainya. Semoga bermanfaat buat semuanya. Wasalam...:) 

#salam_hangat_penulis 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel